AKBIDYO Jl. Parangtritis Km. 6, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Telp: (0274) 371345 Email: info@akbidyo.ac.id
Beranda | Mahasiswa

Senin, 16 November 2015

Mahasiswa Akbidyo Juara II Artikel Penyegar di National Camp Midwifery Students Competition (NCMSC) 2015

Jum’at-Minggu, 13-15 November 2015. Akademi Kebidanan Yogyakarta mengirimkan 7 orang delegasi untuk mengikuti lomba National Camp Midwifery Students Competition (NCMSC) 2015 di Universits Airlangga, Surabaya. National Camp Midwifery Students Competition (NCMSC) ini adalah ajang perlombaan mahasiswi kebidanan yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti  Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Univesitas Sebelas Maret, Poltekes Kemenkes Jakarta (3), Stikes Bina Husada Jember, Akademi Kebidanan Yogyakarta dan masih banyak lagi. Tak hanya jenjang D3, tetapi mahasiswi D4 dan S1 kebidanan pun turut mengikuti ajang ini. Terdapat 3 kategori lomba yaitu, artikel penyegar, promosi kesehatan, dan debat ilmiah. Terdapat 2 tim delegasi Akbidyo dalam lomba artikel penyegar. Tim 1 yaitu Tesha Rosyida Nur Agustina dan Fanisa Mutiara Apriliani, serta Tim 2 yaitu Nova Diansyari dan Windiarti Katenianto. Selain itu satu Tim Promosi Kesehatan terdiri dari Muntaka Batun Nafsiyah dan Lika shofatul Khusna. Sedangkan dari tim debat terdiri dari Rica Hardiana, Tesha Rosyida N.A, dan Fanisa Mutiara A.
Bertanding di kota orang bukanlah hal mudah, perjalanan yang harus ditempuh selama 7 jam pun cukup melelahkan. Namun hal tersebut tak membuat semangat kami pudar. Rangkaian acara dimulai dengan Technical Meeting pada jum’at malam yang dilanjutkan dengan talkshow. Seluruh peserta yang hadir tampak begitu antusias saat talkshow bersama Bu Julli, salah satu bidan pengurus AIPKIND yang mempunyai segudang pengalaman.
    Sabtu, 14 November 2015 adalah agenda utama dalam National Camp Midwifery Students Competition (NCMSC) 2015. Masing-masing Tim memasuki ruangan yang berbeda sesuai dengan bidang lomba. Lomba debat dibagi sesuai jenjang masing-masing, yaitu jenjang diploma 3, diploma 4 dan jenjang strata1. Juri debat  berasal dari IBI, AIPKIND, Bidan, dan Dokter Spesialis Obgyn. Pada sesi awal tim Akademi Kebidanan Yogyakarta melawan Poltekes Kemenkes Jakarta (3). Sesi pra-kualifikasi ini menggunakan sistem poin dan Akbidyo pun berhasil masuk ke babak perempat final. Pada babak ini akbidyo harus berlapang dada dengan selisih 1 poin, dengan kemenangan Stikes Bina Husada Jember dengan jumlah point 172 sedangkan  Akbidyo meraih  171.
    Beralih ke tahap presentasi Promosi Kesehatan dan artikel penyegar. Tim Promkes, Muntaka dan Lika mempresentasikan hasil karya mereka dengan baik dan merekapun mampu menjawab semua pertanyaan dari juri. Juri dalam presentasi promkes ini adalah Ketua IBI Jawa Timur. Penampilan terbaik juga telah disuguhkan oleh 2 tim artikel penyegar AKBIDYO. Baik Tim dari Nova dan Windi maupun Tim dari Tesha dan Fanisa masing-masing mampu mempresentasikan dengan menarik dan dapat menjawab semua pertanyaan dari juri. Juri dalam acara artikel penyegar  berasal dari BIMABI. BIMABI (Berkala Ilmiah mahasiswa Kebidanan Indonesia)  adalah sebuah portal jurnal atau jurnal ilmiah berkala yang diharapkan dapat menjadi rumah untuk artikel ilmiah program studi kebidanaan yang ada di Indonesia.
Acara terakhir dari kegiatan ini adalah Farewell party sekaligus pengumuman pemenang lomba National Camp Midwifery Students Competition (NCMSC) 2015 ini. Para peserta tampak anggun dalam balutan dress code pink-putih. Ruangan pun dihias sedemikian rupa hingga terlihat lebih menarik.  Acara ini pun juga dimanfaatkan sebagai ajang bersosialisasi dengan sesame peserta setelah seharian beradu dalam kompetisi.
Saat yang ditunggupun tiba. Pengumuman disajikan dalam bentuk kompilasi video. Suasana tegang terasa menyelimuti pemutaran video tersebut. Dan nama akbidyo disebutkan sebagai juara 2 lomba artikel penyegar atas Nama Tesha Rosyida Nur Agustina dan Fanisa Mutiara Apriliani dengan judul “Percepatan Afirmasi Positif dalam Gelombang Alfa Dengan Musik Relaksasi Guna Menstimulasi Hormon Oksitosin dalam Proses Pengeluaran Asi”.  Sedangkan  Juara umum National Camp Midwifery Students Competition (NCMSC) 2015 tahun ini adalah Universitas Padjajaran yang artinya tahun depan pelaksanaan National Camp Midwifery Students Competition (NCMSC) 2015 akan diadakan di Universitas Padjajaran Bandung. “Pengalaman luar biasa bagi kami bertemu dengan calon-calon bidan kreatif dari berbagai universitas. Hal tersebut kami jadikan motivasi agar kedepannya jadi lebih baik lagi dan dapat membawa pulang lebih banyak kemenangan” ujar salah seorang delegasi dari Akademi kebidanan Yogyakarta. (Tesha Rosyida Nur Agustina)
 


GALERI