AKBIDYO Jl. Parangtritis Km. 6, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Telp: (0274) 371345 Email: info@akbidyo.ac.id
Beranda | Mahasiswa

Senin, 18 Desember 2017

Berkontribusi untuk Desa Panggungharjo, STIKes Akbidyo Berikan Informasi Kesehatan

Stikes Akbidyo menggelar sosialiasi ke masyarakat Desa Panggungharjo, Kecematan Sewon yang bertajuk Optimalisasi Germas kepada masyarakat.
Acara yang digelar Sabtu (16/12/2017) kemarin dibagi menjadi tiga tahapan yakni sosialisasi artikel kesehatan di portal Desa Panggungharjo, sosialisasi senam Germas dan yang terakhir adalah penyuluhan makan buah dan sayur.
Adapun kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan praktik klinik mahasiswa komunitas semester lima di Desa Panggungharjo.
Satu bentuk kegiatanya adalah pengabdian masyarakat dengan sasaran 47 RT dan lima pedusunan di Panggungharjo.
Ketua Prodi Kebidanan Stikes Akbidyo sekaligus ketua panitia, Pri Hastuti, mengatakan fokus kegiatan kali ini adalah sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.
"Kami sebagai institusi pendidikan yang fokus di bidang kesehetan harapannya ikut berkontribusi mensukseskan germas ini," ujarnya.
Satu di antara upaya untuk menjangkau masyarakat luas, khususnya masyarakat Desa Panggungharjo adalah dengan terlibat mengisi artikel kesehatan di portal web yang dimiliki Desa Panggungharjo, yakni www.panggungharjo.desa.id.
Desa Panggungharjo sendiri pada tahun 2014 silam meraih juara pertama lomba desa tingkat nasional.
Hal itu menyebabkan desa ini sebagai rujukan desa-desa di seluruh Indonesia.
Melalui website yang dikelola desa terbaik tersebut, Stikes Akbidyo ingin turut berkontribusi memberikan informasi-informasi kesehatan.
Satu bentuk kegiatanya adalah pengabdian masyarakat dengan sasaran 47 RT dan lima pedusunan di Panggungharjo.
Kades Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi mengapresiasi kerjasama ini.
Ia memaparkan bahwa kerjasama dengan kampus ini sebenarnya sudah berlangsung sejak 2014 silam, yakni melalui dukungan kesehatan kepada ibu dan anak, khususnya ibu hamil yang mendapat pendanaan saat persalinan.
Seiring perkembangan teknologi, maka kerjasama ini juga terus berinovasi.
Kini portal yang dimiliki desa memiliki kategori baru, yakni kesehatan.
Kategori ini akan diampu langsung oleh civitas akademika dari Stikes Akbidyo.
"Semoga informasi yang disampaikan akan bermanfaat bagi masyarakat, termasuk ada beberapa hal yang perlu dikonsultasikan secara online, dapat diakses langsung di portal tersebut," ucapnya.
Ke depan, Stikes Akbidyo akan memiliki link sendiri di portal itu, sehingga artikel kesehatan yang dirilis tidak digabung dengan artikel umum dan tentu saja akan jadi lebih fokus.
Camat Sewon, Danang Irwanto yang turut hadir dalam kesempatan itu mengatakan, apa yang dilakukan Stikes Akbidyo adalah gebrakan yang jauh lebih berguna dari pada sekedar membuat papan nama seperti yang biasa dilakukan mahasiswa perguruan tinggi lainnya.
"Yang dilakukan Stikes Akbidyo ini sangat positif dan baik tentu patut ditingkatkan dan perlu kita dukung sepenuhnya," tukasnya.
Lebih jauh, dalam kesempatan itu juga disosialisasikan video senam Germas dari Kementrian Kesehatan.
Senam ini mengajak masyarakat untuk dapat beraktivitas meskipun di dalam ruangan.
Kreativitas mahasiswa Akbidyo pun turut andil dengan memberikan inovasi beberapa gerakan baru untuk senam Germas.
Acara ditutup dengan penyuluhan dan ajakan untuk mengonsumsi buah dan sayur.(*) Tribunjogja.com