AKBIDYO Jl. Parangtritis Km. 6, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Telp: (0274) 371345 Email: info@akbidyo.ac.id
Beranda | Berita

Jumat, 28 Juli 2017

Kerja Sama Akbidyo - PMI Bantul: Pelatihan Pertolongan Pertama bagi Bidan

Menjawab kebutuhan layanan masyarakat, khususnya menghadapi situasi daruarat, Akademi Kebidanan Yogyakarta (Akbidyo) membekali lulusannya dengan keterampilan tambahan. Sehingga kelak alumni yang ditempatkan menjadi bidan di desa dan daerah pinggiran mampu memberi pertolongan segera dalam kondisi darurat. Untuk itu , diadakan Pelatihan Kegawatdaruratan Umum bagi alumni.

Pelatihan bertema Pertolongan Pertama ini bekerja sama dengan PMI cabang bantul sebagai pemateri. Kegiatan dibuka Direktur Akbidyo Istri Bartini, S.SiT, MPH dan ketua PMI cabang Bantul HM Wirmon Samawi SE MIB, Senin (24/7), di aula lantai 3 kampus setempat. Pembukaan ditandai dengan penyematan pin peserta oleh Istri Bartini dan Wimron. Pelatihan dikuti oleh 190 mahasiswa yang telah diyudisium  dan akan diwisuda, berlangsung hingga, rabu (2/8) terbagi dalam dua gelombang.

Ketua panitia Yuni Fitriana, SST MH.Kes., menjelaskan pelatihan ini bertujuan membekali bidan alumni tentang penatalaksanaan kegawatdaruratan. Skill yang dilatih antara lain, aspirasi benda asing, penatalaksanaan keracunan, luka bakar, stabilisasi dan transportasi, airway & breathing, teknik resusitasi cairan dan sebagainya.
Sedangkan Istri Bartini menjelaskan meski diluar kewenangan profesi bidan tapi skill kegawatdaruratan jadi bekal penting bagi alumni. Kenyataan pada masyarakat di pedesaan bidan banyak terlibat dalam penanganan situasi darurat, dengan tetap berdasarkan standar operasional prosedural.

"Kondisi darurat misalnya, menangani korban kecelakaan, korban tenggelam, bencana alam, luka akibat jatuh, tersiram air panas, dan lain - lain," jelasnya.

untuk itu, lanjutnya, materi kegawatdaruratan umum atau medis ringan, ditambahkan diluar kurikulum. Sedangkan materi kegawatdaruratan terkait kehamilan dan persalinan sudah masuk dalam kurikulum pendidikan kebidanan. Dengan  menguasai keterampilan ini, bidan di desa maupun klinik dapat membantu agar kondisi pasien tetap stabil sebelum dirujuk ke puskesmas atau RS. (Jdm)-a.


GALERI
KEMAHASISWAAN

Rabu, 10 Mei 2017

Mahasiswa Akbidyo Ciptakan Minuman Dari Daun Kelor

DUA mahasiswa kebidanan dari Akademi Kebidanan Yogyakarta (AKBIDYO) berhasil mengembangkan produk minuman dari daun kelor. Mereka adalah Nimas Arum Saraswati dan Sundari. Produk minuman yang

 

Senin, 27 Februari 2017

Mahasiswa Akbidyo Juara II Cerdas Cermat ASI

Akademi Kebidanan Yogyakarta (Akbidyo) mengirimkan tiga orang mahasiswa untuk mengikuti lomba Cerdas Cermat ASI yang diselenggarakan oleh Pojok ASI Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad

 
(daftar berita)