AKBIDYO Jl. Parangtritis Km. 6, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Telp: (0274) 371345 Email: info@akbidyo.ac.id
Beranda | Berita

Jumat, 05 Agustus 2016

Akbidyo Bekali Bidan Keterampilan

Guna memenuhi permintaan layanan Masyarakat, khususnya menghadapi situasi darurat, Akademi Kebidanan Yogyakarta (Akbidyo) membekali lulusannya dengan keterampilan tambahan. Sehingga bidan di desa dan daerah pinggiran dituntut 'serba bisa'. Untuk itu, diadakan Pelatihan Kegawatdaruratan Umum bagi alumni. Pelatihan bekerja sama dengan PMI Cabang Bantul sebagai instruktur, dibuka Direktur Akbidyo Istri Bartini, S.SiT, MPH, di aula lantai 3 kampus setempat. Pelatihan diikuti 232 mahasiswa yang telah di yudisium dan akan diwisuda, berlangsung hingga sabtu (30/7). Skill yang dilatih antara lain, aspirasi benda asing, penatalaksanaan keracunan, luka bakar, stabilisasi dan transportasi, airway & breathing, teknik resusitasi cairan dan sebagainya.
Istri Bartini menjelaskan, pelatihan ini bertujuan membekali bidan alumni tentang penatalaksanaan kegawatdaruratan umum dan stabilisasi kondisi. Meski diluar kewenangan profesi bidan, tetapi skill kegawatdaruratan jadi bekal penting bagi alumni. Kenyataan pada masyarakat di pedesaan, bidan banyak terlibat dalam penanganan situasi darurat, dengan tetap berdasarkan standar operasional prosedural.
"Kondisi darurat misalnya, menangani korban kecelakaan, korban tenggelam, bencana alam, luka akibat jatuh, tersiram air panas, dan lain - lain,"jelasnya.
Untuk itu, lanjutnya, materi kegawatdaruratan umum atau medis ringan, ditambahkan diluar kurikulum (Ben)-c
 



GALERI
KEMAHASISWAAN

Rabu, 10 Oktober 2018

STIKes Akbidyo Serahkan Bidan Lulusan RPL

Sebanyak 21 peserta Program Pendidikan Bidan dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang telah menyelesaikan studi diserahkan kembali ke institusi asal. Mereka telah menyelesaikan peningkatan

 

Senin, 03 September 2018

Kedua Orangtuanya Tunanetra: Tri Lulus D3 Kebidanan 'Cumlaude'

Setiap anak tidak bisa memilih untuk dilahirkan dimana dan oleh siapa. Meski terlahir dari keluarga sederhana dan kedua orangtua penyandang tunanetra, tidak menyurutkan tekad Tri Widarti menggapai

 
(daftar berita)