s
AKBIDYO Jl. Parangtritis Km. 6, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Telp: (0274) 371345 Email: info@akbidyo.ac.id
Beranda | Berita

Kamis, 14 Desember 2017

Mahasiswa STIKes AKBIDYO Praktik di Tiga Provinsi

Sebanyak 116 mahasiswa kebidanan, STIKes Akbidyo melakukan praktik lapangan di 12 rumah sakit. Mereka mengikuti praktik di enam RS Jawa Tengah, lima RS di DIY, dan satu RS di Jawa Timur.
Ketua STIKes Akbidyo, dr. Musinggih Djarot Roujani, Sp.KJ mengatakan, mahasiswa semester tiga kebidanan wajib mengikuti praktik klinik untuk menerapkan teori selama kuliah. Mereka tidak bisa hanya berkutat dengan teori tetapi harus melakukan praktik.
"Profesi bidan sangat berat terutama dalam membantu persalinan agar aman. Ketika sudah benar - benar menguasai ilmu dan praktik, pasti akan dapat menjalankan pekerjaan secara profesional," ujar Musinggih pada acara angkat janji 116 mahasiswa di kampusnya, Sewon, Bantul, kemarin.
Kebutuhan bidan saat ini menjadi salah satu kunci kehidupan yang sehat di masyarakat. Seorang bidan menurutnya dituntut menjadi pelopor kesehatan masyarakat. Selain melayani keperluan persalinan yang terus meningkat, mereka harus bisa membawa masyarakat pada pola hidup sehat terutama pada remaja putri.
Para mahasiswa akan mengikuti praktik  selama emapt minggu di RS Jawa Tengah, yakni RSUD Ambarawa, Ungaran, Magelang, As-Salam Sragen, Wonosobo dan Kebumen. Di DIY mereka akan menerapkan ilmunya di RSUD Wates, Wonosari, RSPAU Hardjolukito, RSU Rajawali Citra dan RSU Nurhidayah dan satu lagi di RSUD Pacitan Jawa Timur.
Selama praktik mereka bekerja seperti bidan yang sudah profesional dengan bimbingan pihak rumah sakit. Mereka juga mendapat giliranjaga malam untuk mengatasi kondisi darurat.
"Para calon bidan ini hendaknya juga bisa menyampaikan informasi yang penting mengenai kesehatan reproduksi pada remaja karena penelitian beberapa waktu lalu menyebutkan, banyak remaja yang tidak bisa menghargai kesehatan reproduksinya sehingga rentan terserang penyakit, hamil muda, dan lainnya," papar Musinggih.(D19-70)
 


GALERI
KEMAHASISWAAN

Senin, 03 September 2018

Kedua Orangtuanya Tunanetra: Tri Lulus D3 Kebidanan 'Cumlaude'

Setiap anak tidak bisa memilih untuk dilahirkan dimana dan oleh siapa. Meski terlahir dari keluarga sederhana dan kedua orangtua penyandang tunanetra, tidak menyurutkan tekad Tri Widarti menggapai

 

Jumat, 13 Juli 2018

KARTINI’S DAY SPEECH CONTEST DI STIKES AKBIDYO

Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2018 Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan menyelenggarakan lomba pidato tentang peran tenaga kesehatan masa depan dengan bahasa Inggris yang

 
(daftar berita)