s
AKBIDYO Jl. Parangtritis Km. 6, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Telp: (0274) 371345 Email: info@akbidyo.ac.id
Beranda | Berita

Senin, 26 Februari 2018

Akbidyo Ulas Problematika Kewanitaan dengan Kajian Islam

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Akbidyo turut berperan serta dalam memberikan pembelajaran tentang problematika kewanitaan. Tak hanya mahasiswanya, para masyarakat sekitar atau umum dapat memanfaatkan program yang diberi nama Trensains tersebut. Pengajar D3 Kebidanan, Mukh Nursikin mengatakan, trensains adalah penggabungan dari dua kata, yakni pesantren dan sains.
Dr. Nursikin mengatakan bahwa di Akbidyo para mahasiswa tidak hanya belajar akademik atau sains saja, namun pemahaman keagamaan juga turut ditanamkan dalam diri mereka.
"Melalui Trensains ini, para mahasiswa dapat menjadi wanita yang baik dari perspektif Islam. Jadi masalah kesehatan wanita dapat dipadukan dengan sisi religius," terangnya, Minggu (12/11/2017).
Nursikin mengatakan, problematika wanita dalam prespektif Islam dikupas tuntas kitab Risaltul Mahid.
Kitab ini mengkaji tentang problematika baligh bagi wanita dan juga pria, masalah haid atau menstruasi, istihadloh, kehamilan, wilada, junub hingga pernikahan.
Ia mencontohkan, perkara haram bagi wanita haid atau nifas adalah menjalankan salat, sujud syukur, sujud tilawah, thowaf, puasa, ifikaf, membaca dan menyentuh alquran, hingga bersetubuh.
Sedangkan dari segi keilmuan, Nursikin mengatakan haid adalah darah yang keluar dari kelamin seorang perempuan yang sudah baligh.
"Semua masalah dan problematikan kewanitaan kami bahas agar mahasiswa dan masyarakat tak hanya sekedar paham tentang ilmunya saja, tapi juga dapat menambah iman dalam Islam," terangnya.
Bertempat di Perum Sewon Indah B5, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Trensains ini akan rutin digelar setiap hari selasa pukul 19.30, dan sejauh ini sudah kedua kalinya.
"Kajian ini bukan untuk kalangan mahasiswa saja, tapi kami membuka dan mempersilakan bagi kalayak umum yang mau ikut bergabung," tambahnya. (Sumber: jogja.tribunnews. com)


GALERI
KEMAHASISWAAN

Rabu, 10 Oktober 2018

STIKes Akbidyo Serahkan Bidan Lulusan RPL

Sebanyak 21 peserta Program Pendidikan Bidan dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang telah menyelesaikan studi diserahkan kembali ke institusi asal. Mereka telah menyelesaikan peningkatan

 

Senin, 03 September 2018

Kedua Orangtuanya Tunanetra: Tri Lulus D3 Kebidanan 'Cumlaude'

Setiap anak tidak bisa memilih untuk dilahirkan dimana dan oleh siapa. Meski terlahir dari keluarga sederhana dan kedua orangtua penyandang tunanetra, tidak menyurutkan tekad Tri Widarti menggapai

 
(daftar berita)