AKBIDYO Jl. Parangtritis Km. 6, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Telp: (0274) 371345 Email: info@akbidyo.ac.id
Beranda | Berita

Selasa, 24 Juli 2018

STIKes Akbidyo: Penurunan AKI-AKB Capai 50 Persen

Pemahaman kesehatan reproduksi (kespro) yang ditanamkan sejak remaja berperan penting dalam mencegah berbagai hal seperti seks bebas dan penyakit seksual, kehamilan tidak diinginkan (KTD) serta penurunan angka kematian ibu dan bayi. Berdasarkan data yang dihimpun KR, Senin (23/7) selang enam tahun terhitung sejak 2011 hingga September 2017, Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI-AKB) menurun hingga 50 persen.

Ketua Prodi Kebidanan STIKes Akbidyo Pri Hastuti, M.Keb.menuturkan, DIY selama ini merupakan provinsi terbaik secara nasional dalam pencapaian AKI-AKB. "Namun demikian juga tidak luput dari permasalahan dengan penyebab kematian yang sama,"katanya usai lomba cerdas cermat kespro bagi remaja dalam rangka peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di STIKes Akbidyo.
Diakuinya, terhitung sejak 2011 hingga September 2017, AKI-AKB menunjukan penurunan. Total di seluruh DIY pada 2011 terhitung 56 kasus, dan September 2017 turun menjadi 25 kasus.
"Meski kasus AKI-AKB di DIY beranjak turun, kita tidak boleh lengah dan tetap harus terus melakukan sosialisasi pentingnya pemahaman kespro pada remaja,"imbuhnya.
 
 

Koordinator acara Dr. Esty Nugraheni, M.Kes., menambahkan lomba cerdas cermat antar remaja ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT IBI Bantul. Acara diikuti 225 remaja yang telah dibina oleh 75 bidan desa. Sebelum lomba, bidan desa telah melakukan pembinaan lima kali pertemuan pendampingan. Dari 225 remaja di 75 desa se - Bantul ini dipilih tiga orang remaja yang mewakili desanya dibawah pembinaan Puskesmas.

Sumber: kr (Aje)-a


GALERI
KEMAHASISWAAN

Rabu, 10 Oktober 2018

STIKes Akbidyo Serahkan Bidan Lulusan RPL

Sebanyak 21 peserta Program Pendidikan Bidan dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang telah menyelesaikan studi diserahkan kembali ke institusi asal. Mereka telah menyelesaikan peningkatan

 

Senin, 03 September 2018

Kedua Orangtuanya Tunanetra: Tri Lulus D3 Kebidanan 'Cumlaude'

Setiap anak tidak bisa memilih untuk dilahirkan dimana dan oleh siapa. Meski terlahir dari keluarga sederhana dan kedua orangtua penyandang tunanetra, tidak menyurutkan tekad Tri Widarti menggapai

 
(daftar berita)