s
AKBIDYO Jl. Parangtritis Km. 6, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Telp: (0274) 371345 Email: info@akbidyo.ac.id
Program Studi | D IV Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan

Rabu, 18 Juli 2018

D IV Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Program Studi DIPLOMA EMPAT REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN membentuk profesional rekam medis dan informasi kesehatan yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi, merencanakan-melaksanakan-mengembangkan sistem informasi, dan menyiapkan data guna penentuan kebijakan kesehatan saat ini maupun masa mendatang. Dalam menjalankan profesi, mereka menerapkan ilmu informasi pada tahapan pengumpulan, penyimpanan, penggunaan dan rilis informasi sesuai  kepentingan, berlandaskan hukum/etika profesional serta persyaratan administratif  pada penyedia layanan kesehatan. Mereka bekerja dengan data klinis, data epidemiologi, data demografik, data finansial, data referensi serta data pelayanan kesehatan berbentuk kode. Pengelolaan informasi kesehatan sangat diperlukan dalam menjaga, memelihara, dan melayani rekam medis baik secara manual maupun elektronik hingga menyajikan informasi pada instansi kesehatan baik dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, klinik, praktek dokter, asuransi kesehatan maupun lembaga lain yang memberikan fasilitas kesehatan.

1. Visi
    Visi Program Studi DIV Rekam Medis dan Informasi Kesehatan adalah menjadi Program Studi yang 
    membentuk tenaga perekam medis profesional dan unggul serta mampu bersaing ditingkat nasional dan 
    internasional.
2. Misi
    Misi Program Studi DIV Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AKBIDYO ini
    sebagai berikut:
    a. Menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran yang bermutu
    b. Menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum berbasis kompetensi di sektor Rekam Medis dan
        Informasi Kesehatan.
    c. Peningkatkan pengetahuan dalam sistem pencatatan, pengumpulan dan analisis data dengan 
        pengembangan statistik yang berkualitas.
    d. Meningkatkan kemitraan dan kerjasama dengan sarana pelayanan kesehatan dan lembaga profesi
        perekam medis dalam upaya penelitian dan pengembangan Manajemen Informasi Kesehatan.
3. Tujuan
    a. Tersedianya sumberdaya manusia yang unggul di bidang Manajemen informasi yang mampu bersaing  
        secara nasional dan internasional, serta mempunyai wawasan pembangunan berkelanjutan.
    b. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan mampu merencanakan, mengimplementasikan,  
        mengevaluasi pengelolaan data medik dengan mengembangkan statistik serta memanfaatkan teknologi 
        informasi terkni
    c. Menyelenggarakan pendidikan bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dengan menghasilkan lulusan
        yang berdaya saing.
    d. Menyelenggarakan pendidikan melalui penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menciptakan lulusan 
        yang  berkualitas.
4. Profil lulusan
    Program Studi DIV Rekam Medis dan Informasi Kesehatan diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang:
    a. Mampu memadukan berbagai jenis data pasien untuk membentuk rekam medis yang utuh
    b. Mampu mengelola data rekam medis sedemikian sehingga memiliki nilai guna bagi pasien, fasilitas
        pelayanan kesehatan, profesional pelayanan kesehatan, pengajar, peneliti, penanggung jawab kesehatan 
        masyarakat, organisasi yang bertanggung jawab dalam pembayaran klaim pelayanan kesehatan
    c. Mampu menentukan nomor kode diagnosis pasien sesuai petunjuk dan peraturan pada pedoman buku ICD
        yang berlaku (ICD-10 Volume 2)
    d. Mampu memberikan kode diagnosis pasien untuk memenuhi sistim pengelolaan, penyimpanan data 
        pelaporan untuk kebutuhan analisis sebab tunggal penyakit yang dikembangkan
    e. Mampu mengklasifikasikan data kode diagnosis yang akurat bagi kepentingan informasi morbiditas dan
        sistem pelaporan morbiditas yang diharuskan
    f.  Dapat menyajikan informasi morbiditas dengan akurat dan tepat waktu bagi kepentingan monitoring  KLB 
        epidemiologi dan lainnya.
    g. Mengelola indeks penyakit dan tindakan guna kepentingan laporan medis dan statistik serta permintaan
        informasi pasien secara cepat dan terperinci.
    h. Menjamin validitas data untuk registrasi penyakit, Mengembangkan dan mengimplementasikan petunjuk 
        standar koding dan pendokumentasian
 
Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 55 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis, bahwa Perekam Medis yang memiliki SIK Perekam Medis dapat melakukan pekerjaannya pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan berupa:

a. puskesmas;
b .klinik;
c. rumah sakit; 
d. fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.
e .fasilitas penjaminan kesehatan /BPJS

Sarjana Terapan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan  dalam melaksanakan pekerjaan rekam medis dan informasi kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, mempunyai kewenangan sebagai berikut:
  1. mengidentifikasi masalah-masalah teknologi informasi yang berkaitan dengan pelayanan      manajemen rekam medis dan informasi kesehatan.
  2. merancang sistem evaluasi isi rekam medis manual dan elektronik; 
  3. merancang struktur isi dan standar data kesehatan, untuk pengembangan informasi kesehatan; 
  4. memvalidasi kelengkapan diagnosis dan tindakan medis sebagai ketepatan pengkodean; 
  5. memvalidasi indeks dengan cara menilai kumpulan data penyakit, kematian, tindakan dan dokter yang dikelompokkan pada indeks; 
  6. memvalidasi kumpulan dan verifikasi data sesuai dengan jenis formulir survei; 
  7. mengevaluasi sistem klasifikasi klinis dan kodefikasi penyakit yang berkaitan dengan kesehatan dan tindakan medis dalam pembiayaan kesehatan;
  8. melaporkan hasil monitoring kinerja mutu pelayanan rekam medis dan informasi kesehatan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi 
  9. menganalisa dan mengevaluasi pengelolaan manajemen unit kerja serta menjalankan organisasi fasilitas pelayanan kesehatan; 
  10. menyelesaikan masalah secara prosedural baik manual/elektronik; dan 
  11. melaksanakan hubungan kerja sesuai dengan kode etik profesi.

Bentuk pelayanan rekam medis dan informasi kesehatan yang dilakukan
oleh Perekam Medis meliputi:

a. pelayanan rekam medis berbasis kertas (paper based document);
b. pelayanan rekam medis manual dan registrasi komputerisasi;
c. pelayanan manajemen rekam medis dan informasi kesehatan;
d. pelayanan sistem informasi kesehatan terpadu;
e. pelayanan manajemen informasi kesehatan elektronik dengan menggunakan perangkat
    informatika kesehatan.

5 Kurikulum
 
Semester I
No.
Kode MK
Mata Kuliah
T
P
SKS
1
MIK.01.01
Pendidikan Agama 
2
 
2
2
MIK.01.02
Pendidikan Pancasila
2
 
2
3
MIK.01.03
Bahasa Indonesia
2
 
2
4
MIK.01.04
Bahasa Inggris
2
 
2
5
MIK.01.05
Konsep Dasar RMIK
2
 
2
6
MIK.01.06
Konsep Sistem Informasi Kesehatan
2
 
2
7
MIK.01.07
Aplikasi Komputer Dasar
2
 
2
8
MIK.01.08
Anatomi Fisiologi I (Muskuloskeletal, Respirasi, Kardiovaskuler)
1
1
2
9
MIK.01.09
Patologi dan Terminologi Medis I (Muskuloskeletal, Respirasi, Kardiovaskuler)
1
1
2
10
MIK.01.10
Klasifikasi dan Kodefikasi I (Muskuloskeletal, Respirasi, Kardiovaskuler)
1
1
2
Jumlah
 
 
20
 
Semester II
No.
Kode MK
Mata Kuliah
T
P
SKS
1
MIK.02.01
Perilaku Anti Korupsi
2
 
2
2
MIK.02.02
Kewirausahaan
2
 
2
3
MIK.02.03
Sistem Identifikasi RMIK
1
1
2
4
MIK.02.04
Sistem Pengolahan dan Pelaporan RMIK
1
1
2
5
MIK.02.05
Sistem Penyimpanan Data RM
1
1
2
6
MIK.02.06
Farmakologi
2
 
2
7
MIK.02.07
Anatomi Fisiologi II (Sistem Pencernaan, Perkemihan, Endokrin) 
1
1
2
8
MIK.02.08
Patologi dan Terminologi Medis II (Sistem Pencernaan, Perkemihan, Endokrin)
1
1
2
9
MIK.02.09
Klasifikasi dan Kodefikasi  II (Sistem Pencernaan, Perkemihan, Endokrin)
1
1
2
10
MIK.02.10
KKL 1
 
1
1
Jumlah
 
 
19
 
Semester III
No.
Kode MK
Mata Kuliah
T
P
SKS
1
MIK.03.01
Pendidikan Kewarganegaraan 
2
 
2
2
MIK.03.02
Biostatistika
2
 
2
3
MIK.03.03
Penyajian Data Statistik
 
1
1
4
MIK.03.04
Praktikum Desain Formulir
 
1
1
5
MIK.03.05
Manajemen Organisasi
2
 
2
6
MIK.03.06
Manajemen Perubahan
2
 
2
7
MIK.03.07
Penggunaan Informasi Kesehatan
2
 
2
8
MIK.03.08
Algoritma
2
 
2
9
MIK.03.09
Anatomi Fisiologi III (Panca Indra, Syaraf dan Mental)
1
1
2
10
MIK.03.10
Patologi dan Terminologi Medis III (Panca Indra, Syaraf dan Mental)
1
1
2
11
MIK.03.11
Klasifikasi dan Kodefikasi III (Panca Indra, Syaraf dan Mental)
1
1
2
Jumlah
 
 
20
 
Semester IV
No.
Kode MK
Mata Kuliah
T
P
SKS
1
MIK.04.01
Statistik Fasyankes 

1
1
2
MIK.04.02
Praktikum Statistik RS

1
1
3
MIK.04.03
Data Epidemiologi

1
1
4
MIK.04.04
Kerjasama Organisasi

1
1
5
MIK.04.05
Manajemen Mutu
2
 
2
6
MIK.04.06
Standar Pelayanan Kesehatan
 
1
1
7
MIK.04.07
Pemrograman
1
1
2
8
MIK.04.08
Anatomi Fisiologi IV (Sistem Reproduksi dan Genetika)
1
1
2
9
MIK.04.09
Patologi dan Terminologi Medis IV (Sistem Reproduksi dan Genetika)
1
1
2
10
MIK.04.10
Klasifikasi dan Kodefikasi IV (Sistem Reproduksi dan Genetika; Neoplasma dan Infeksi)
1
1
2
11
MIK.04.11
Klasifikasi dan Kodefikasi V (Trauma, Keracunan dan Penyebab Luar Cedera; Penyebab Kematian)
1
1
 
12
MIK.04.12
KKL 2
2
 
2
Jumlah
 
 
19
 
Semester V
No.
Kode MK
Mata Kuliah
T
P
SKS
1
MIK.05.01
Hukum dan Etika Profesi RMIK 
1
 
1
2
MIK.05.02
Praktikum Telaah Rekam Medis
 
1
1
3
MIK.05.03
Leadership
1
 
1
4
MIK.05.04
Monitoring Program Kegiatan
2
 
2
5
MIK.05.05
Supervisi
1
 
1
6
MIK.05.06
Standarisasi Terminologi Data Kesehatan
2
 
2
7
MIK.05.07
Manajemen Data dan Informasi
2
 
2
8
MIK.05.08
Konten Data dan Interoperabilitas
2
 
2
9
MIK.05.09
Anggaran Kegiatan RMIK
2
 
2
10
MIK.05.10
Desain Kerja UKRM
1
1
2
11
MIK.05.11
SIM RS, Puskesmas dan Komunitas
1
1
2
12
MIK.05.12
Perancangan Database
1
1
2
Jumlah
 
 
20
 
Semester VI
No.
Kode MK
Mata Kuliah
T
P
SKS
1
MIK.06.01
Akreditasi dan Sertifikasi 
1
1
2
2
MIK.06.02
Perencanaan SDM
2
 
2
3
MIK.06.03
Pengembangan SDM
2
 
2
4
MIK.06.04
Peningkatan Proses Kerja UKRM

1
1
5
MIK.06.05
Sistem Jaminan Kesehatan

1
1
6
MIK.06.06
Integritas SI dan Database

1
1
7
MIK.06.07
Akses, Rilis dan Pertukaran Data
2
 
2
8
MIK.06.08
Proteksi Data dan Informasi
 
1
1
9
MIK.06.09
Komunikasi Kesehatan
2
 
2
10
MIK.06.10
Komunikasi Efektif dan Negosiasi
1
 
1
11
MIK.06.11
Manajemen Database
2
 
2
12
MIK.06.12
KKL 3
 
2
2
Jumlah
 
 
19
 
Semester VII
No.
Kode MK
Mata Kuliah
T
P
SKS
1
MIK.07.01
Manajemen Risiko 
2
 
2
2
MIK.07.02
Standar Pencatatan Data Medik
2
 
2
3
MIK.07.03
Praktikum Penyusunan Pedoman
 
1
1
4
MIK.07.04
Analisis Kebutuhan SI
2
 
2
5
MIK.07.05
Kualitas Data dan Integrasi Informasi 
2
 
2
6
MIK.07.06
Sistem Informas: Rekam Kesehatan Elektronik (EHR), Catatan Kesehatan Pribadi (PHR)
 
1
1
7
MIK.07.07
Perancangan SI 
2
 
2
8
MIK.07.08
Jaringan Komputer
 
1
1
9
MIK.07.09
Manajemen Proyek SIK
2
 
2
10
MIK.07.10
Metodologi Penelitian Kesehatan
2
1
3
Jumlah
 
 
18
 
Semester VIII
No.
Kode MK
Mata Kuliah
T
P
SKS
1
MIK.08.01
KKN 
 
4
4
2
MIK.08.02
Skripsi
 
5
5
Jumlah
 
 
9


BERITA

Rabu, 10 Oktober 2018

Kuliah Umum STIKes Akbidyo: Pendidikan Pancasila, Tangkal Radikalisme

Pada hakikatnya ideologi Pancasila dilandasi oleh nilai - nilai moralitas religius dan kemanusiaan. Dasar nilai inilah dapat mewujudkan karakter mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, generasi

 

Rabu, 19 September 2018

Pengenalan Prodi ke Mahasiswa Baru, STIKES AKBIDYO Tanamkan Kesadaran Berbangsa dan Cinta Tanah Air

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) AKBIDYO melaksanakan pembukaan pengenalan program studi (PPS) kepada ratusan mahasiswa baru tahun angkatan 2018/2019 di Aula Kampus, Selasa (18/9/2018).

 
(daftar berita)
KEMAHASISWAAN

Rabu, 10 Oktober 2018

STIKes Akbidyo Serahkan Bidan Lulusan RPL

Sebanyak 21 peserta Program Pendidikan Bidan dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang telah menyelesaikan studi diserahkan kembali ke institusi asal. Mereka telah menyelesaikan peningkatan

 

Senin, 03 September 2018

Kedua Orangtuanya Tunanetra: Tri Lulus D3 Kebidanan 'Cumlaude'

Setiap anak tidak bisa memilih untuk dilahirkan dimana dan oleh siapa. Meski terlahir dari keluarga sederhana dan kedua orangtua penyandang tunanetra, tidak menyurutkan tekad Tri Widarti menggapai

 
(daftar berita)
GALERI