Profil Prodi

Profil Prodi

    Program Studi Diploma-IV  Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AKBIDYO dibuka dan mulai melaksanakan proses pembelajaran pada bulan Oktober 2017 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tanggal 18 Agustus 2017 Nomor 444/KPT/I/2017 tentang  Izin Perubahan Bentuk Akademi Kebidanan Yogyakarta Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AKBIDYO, yang bertempat di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Bhakti Sosial. Dalam Surat Keputusan tersebut dicantumkan bahwa perubahan bentuk dari Akademi Kebidanan Yogyakarta menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AKBIDYO yang memiliki 3 (tiga) Program Studi yaitu Program Studi D-III Kebidanan, D-IV Manajemen Informasi Kesehatan dan S-1 Farmasi. Lulusan program studi D-IV MIK adalah sebagai Sarjana Terapan tenaga kesehatan di bidang keahlian manajemen informasi kesehatan. Istilah yang lebih terkenal adalah “Rekam Medis”.   

    Pembukaan program studi ini mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 55 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis bahwa di setiap unit fasilitas pelayanan kesehatan diwajibkan mengangkat tenaga perekam medis dan informasi kesehatan. Kurikulum Prodi DIV MIK disusun berbasis IPTEK dan menyesuaikan dengan perkembangan revolusi industri 4.0 dengan beban studi 146 SKS ditempuh selama 8 semester. Lulusan program studi ini diarahkan mampu bekerja keras serta memiliki karakter kebangsaan dan bertanggung jawab.

    Sementara itu, di luar, tantangan semakin banyak, terlebih dukungan teknologi kian pesat, maka tuntutan akan tugas-tugas analis data kesehatan dalam mendukung pengambilan tepat keputusan menjadi semakin besar. Hal ini tentu mendesak kebutuhan profesi pengelola informasi kesehatan.



GAMBAR / FOTO

Tidak ada gambar / foto tersedia


VIDEO

Tidak ada gambar / foto tersedia