BERITA

Prodi MIK Cegah Stunting Melalui Sosialisasi Aplikasi ELSIMIL terhadap Remaja


28-11-2022 02:45:06

Stunting merupakan masalah kesehatan yaitu kondisi gagal pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak-anak akibat kurangnya asupan gizi dalam waktu lama, juga infeksi berulang serta stimulasi psikososial yang tidak memadai terutama pada seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) nya.

Kab. Bantul masih mengalami masalah ini, sekitar 3.000 anak balita dari total 45.000 lebih mengalami stunting. Berbagai upaya pencegahan telah dan masih terus dilakukan seperti sosialisasi dan pencegahan di saat hamil atau bahkan saat sebelum ibu hamil. Kenyataannya, tidak semua ibu hamil di Bantul mengetahui apakah bayi yang akan dilahirkannya berpotensi stunting atau tidak, dan bagaimana cara pencegahannya.

Salah satu sosialisasi pencegahan adalah memberikan edukasi tentang aplikasi Elsimil kepada calon ibu termasuk remaja putri (usia pra nikah) agar saatnya hamil nanti dan memiliki anak dapat terhindar dari stunting. Aplikasi Elsimil yaitu akronim dari Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil ini dikeluarkan oleh BKKBN yang dapat diunduh dari playstore atau apstore di smartphone. Aplikasi ini berisi edukasi tentang persiapan membentuk keluarga, khususnya agar terhindar dari anak stunting. Melalui aplikasi ini juga dapat diketahui apakah calon pengantin sudah siap atau belum untuk hamil terkait pencegahan agar anak yang diharapkan terhindar dari stunting.

Namun tidak semua usia pranikah, baik yang menjelang menikah maupun yang telah menikah mengetahui aplikasi ini. Oleh karena itu, para dosen dan mahasiswa Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) STIKes Akbidyo Yogyakarta mengadakan kegiatan edukasi terkait pengenalan dan penggunaan aplikasi Elsimil ini.

Diadakan bersamaan dengan salah satu kegiatan peringatan hari jadi Kalurahan Sendangsari, Pajangan, Bantul, Prodi D4 MIK mengadakan sosialisasi pengenalan dan cara memakai aplikasi ini pada Minggu 27 November 2022. Diikuti oleh sekitar 20 orang remaja, kegiatan sosialisasi aplikasi Elsimil ini diharapkan dapat efektif mendukung upaya penanggulangan stunting pada anak balita. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa peserta sosialisasi ini menjadi lebih tahu adanya aplikasi Elsimil ini serta bertambah pengetahuannya tentang pencegahan stunting karena edukasi yang disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat Prodi D4 MIK STIKes Akbidyo.





Lihat Semua Berita